Jangan Lagi Buang Sampah Sembarangan, Pemkot Mataram Siapkan Sanksi Berat

Sabtu, 06 Agustus 2022 – 12:52 WIB
Jangan Lagi Buang Sampah Sembarangan, Pemkot Mataram Siapkan Sanksi Berat - JPNN.com NTB
Kegiatan gotong royong di sempadan Kali Jangkuk Kelurahan Dasan Agung, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat (5/8-2022). (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Untuk warga Kota Mataram, jangan lagi berani membuang sampah sembarangan.

Pasalnya, pemerintah Kecamatan Selaparang di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyiapkan sanksi berat bai mereka yang membuang sampah ke sungai.

Pelanggar akan diberikan sanksi moral guna memberikan efek jera.

Camat Selaparang Zulkarwin mengatakan, sanksi moral bagi warga yang membuang sampah ke sungai antara lain, meminta mereka membersihkan sampah yang dibuang dan sekitarnya selama satu minggu atau lebih.

"Sanksi itu akan kami siapkan dalam 'awig-awig' (peraturan) untuk di Kelurahan Dasan Agung yang wilayahnya dilintasi Kali Jangkuk," katanya, Jumat (5/8).

Pernyataan itu disampaikan Zulkarwin usai kegiatan gotong royong sempadan Kali Jangkuk, Kelurahan Dasan Agung, yang merupakan tindak lanjut dari pencanangan program "Lisan Panutan" yang artinya lingkungan dengan sampah nihil melalui pemilahan sampah rumah tangga berkelanjutan.

Selain akan membuat "awig-awig", lanjut dia, untuk memaksimalkan penanganan sampah di sempadan sungai juga akan dibuat sekretariat kelompok peduli sungai sekaligus pos jaga pada lahan milik warga di Lingkungan Gapuk, Dasan Agung.

"Warga yang ada di pos jaga secara bergantian akan melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang akan membuang sampah ke sungai. Jika ditemukan, mereka akan langsung ditindak," katanya.

Masyarakat di Kota Mataram diminta untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, pemkot telah menyiapkan sanksi berat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News