Wow, Sampah Berubah Jadi BBM

Rabu, 01 Februari 2023 – 11:18 WIB
Wow, Sampah Berubah Jadi BBM - JPNN.com NTB
Ketua KSM Mandiri Heri Suhirman menunjukkan jeriken berisi bahan bakar minyak hasil dari proses pembakaran sampah plastik yang dilakukan bersama anggotanya di Desa Santong, Lombok Utara, NTB. (ANTARA/HO-Sat)

ntb.jpnn.com, LOMBOK UTARA - KSM Mandiri Desa Santong berhasil mengubah sampah menjadi bahan bakar minyak (BBM) melalui proses pembakaran plastik.

Proses ini dikenal juga dengan sebutan pirolisis.

Terkait dengan keberhasilan tersebut, Kepala UPTD Persampahan DLHPKP Kabupaten Lombok Utara, Asaf Fyzee Hidayat, turut memberikan dukungannya.

Dalam keterangan resmi di Mataram, pihaknya mengapresiasi inovasi dalam mengatasi persoalan sampah.

"Untuk pirolisis, itu yang pertama di Kabupaten Lombok Utara, dan saya pikir itu sangat tepat untuk persoalan sampah plastik, kami tentu saja mendukung sepenuhnya," katanya, Selasa (31/1).

Pihaknya sedang melakukan proses administrasi untuk memberikan fasilitas penunjang berupa kendaraan roda tiga kepada para pemuda Desa Santong yang tergabung dalam KSM Mandiri.

Asaf berharap, para pemuda tersebut tetap konsisten untuk berinovasi, sehingga ke depan persoalan sampah dapat teratasi.

Ketua KSM Mandiri Heri Suhirman menjelaskan proses pirolisis dilakukan dengan cara membakar plastik terlebih dahulu kemudian diubah menjadi BBM mentah yang dapat diproses menjadi jenis solar, bensin maupun spritus.

KSM Mandiri Desa Santong berhasil mengubah sampah menjadi BBM, simak cerita selengkapnya
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia