Gili Trawangan Produksi 20 Ton Sampah per Hari, Simak Cara Pengelolaannya

Sabtu, 07 Januari 2023 – 15:02 WIB
Gili Trawangan Produksi 20 Ton Sampah per Hari, Simak Cara Pengelolaannya - JPNN.com NTB
Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto R (tengah), dalam sosialisasi pengelolaan sampah berbasis nihil sisa (zero waste) di Desa Gili Indah, Pemenang, Lombok Utara, NTB. (ANTARA/HO-Humas Lotara)

ntb.jpnn.com, GILI TRAWANGAN - Pengangkatan sampah di KSPN Gili Trawangan telah diolah di tempat pembuangan akhir (TPA) yang ada di dalam area pulau karena jumlahnya yang relatif banyak.

Dalam keterangan resminya, Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto R juga mengatakan bahwa KSPN Gili Trawangan di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat memproduksi 20 ton per hari.

Jumlah sampah tersebut berasal dari aktivitas kunjungan wisatawan dan masyarakat setempat.

"Berbeda dengan sampah di Gili Meno dan Gili Air masih diangkut dan dibawa ke darat," katanya dalam sosialisasi pengelolaan sampah berbasis nihil sisa (zero waste) di Desa Gili Indah.

Sosialisasi pengelolaan sampah berbasis nihil sisa di Desa Gili Indah tersebut, diselenggarakan oleh sebanyak 10 orang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Universitas Mataram periode 2022-2023.

Danny mengatakan KSPN tiga gili (Gili Trawangan, Meno, dan Air) merupakan kawasan pariwisata dan menjadi perhatian dunia sehingga dalam penanganannya dilakukan secara hati-hati, termasuk dalam hal pengelolaan sampah.

Menurut dia, jumlah sampah di ketiga gili tersebut mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap sampah dimanfaatkan dan dikelola oleh masyarakat setempat sehingga tidak semuanya dibawa ke TPA.

KSPN Gili Trawangan di Lombok Utara menghasilkan 20 ton sampah per hari, langsung diolah di pulau
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia