Sungai Tercemar Mikroplastik, DLH Kota Mataram Punya Tugas Baru

Selasa, 10 Januari 2023 – 06:00 WIB
Sungai Tercemar Mikroplastik, DLH Kota Mataram Punya Tugas Baru - JPNN.com NTB
Wali Kota Mataram Mohan Roliskaan. (ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Terkait dengan pencemaran mikroplastik di Sungai Jangkuk, Pemkot Mataram mencoba untuk menggugah kesadaran masyarakat.

Wali Kota Mataram Mohan Roliskana akan meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke sungai.

Hal tersebut bisa dilakukan bersama pihak kelurahan serta lingkungan. 

"Pencemaran mikroplastik ini dipicu banyak faktor yang menjadi variabel mengubah kualitas air dan udara. Karena itulah, kami segera ambil langkah penanganan," katanya, Senin (9/1).

Sebagai upaya penanganan atas sungai yang sudah tercemar mikroplastik, pihaknya juga mengajak komunitas peduli sungai (KPS).

"Kami segera memanggil dan mengumpulkan KPS Sungai Jangkuk, untuk membicarakan penanganan masalah sampah mikroplastik agar tidak menimbulkan dampak ke depan," katamya.

Pernyataan itu disampaikan menyikapi hasil penelitian Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) NTB.

Mikroplastik merupakan potongan plastik kecil yang berukuran kurang dari 0,5 mm sehingga dapat dengan mudah masuk tubuh hewan yang kemudian dikonsumsi manusia dan meracuni tubuh manusia.

DLH Kota Mataram diminta untuk mengubah pola pikir masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke sungai
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia