Sungai di Mataram Tercemar Mikroplastik, Bahaya Mengancam

Rabu, 18 Januari 2023 – 11:13 WIB
Sungai di Mataram Tercemar Mikroplastik, Bahaya Mengancam - JPNN.com NTB
Ilustrasi - Kondisi sampah plastik pemicu limbah mikroplastik yang dapat mencemari lingkungan di Kota Mataram, NTB. (ANTARA/HO)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Direktur Utama RSUD Kota Mataram dr Hj Ni Ketut Eka Nurhayati mengatakan sampah mikroplastik dapat mengganggu hormon terutama bagi perempuan.

"Kalau dikaitkan dengan Obgyn, zat-zat tertentu pada sampah mikroplastik bisa merusak metabolisme dalam tubuh bahkan bisa memicu penyakit kanker, kista coklat pada perempuan hingga mandul," katanya, Selasa (17/1).

Pernyataan itu disampaikan menyikapi hasil penelitian Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) NTB, yang menyebutkan salah satu sungai di Kota Mataram yakni Sungai Janguk tercemar mikroplastik.

Mikroplastik merupakan potongan plastik kecil yang berukuran kurang dari 0,5 mm sehingga dapat dengan mudah masuk ke tubuh hewan yang kemudian dikonsumsi oleh manusia dan meracuni tubuh manusia.

Terkait dengan itu, katanya, dalam hal ini perlu dilakukan edukasi lebih maksimal kepada masyarakat agar tidak membuang sampah plastik ke saluran atau sungai yang dapat mencemari lingkungan.

"Termasuk mewadahi makanan panas dengan plastik. Kalau makanan panas dibungkus dengan plastik maka partikel-partikel plastik memuai kemudian kita konsumsi. Itu bisa merusak hormon bahkan mandul," katanya lagi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram HM Kemal Islam sebelumnya mengakui, sampah plastik masih banyak ditemui pada aliran sungai yang melintasi Kota Mataram. Hanya saja dalam hal ini perlu diketahui apakah sampah itu dibuang oleh warga Kota Mataram, atau merupakan sampah kiriman dari hulu.

"Posisi kita saat ini berada di hilir, tapi dalam hal ini kita tidak bisa mengatakan alasan itu. Yang kita butuhkan saat ini adalah solusi," katanya.

Terkait dengan sungai di Mataram yang tercemar mikroplastik, Dirut RSUD mengungkapkan hal tersebut dapat mengganggu hormon
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia