Sungai di Mataram Tercemar Mikroplastik, Apa Langkah Pemkot?

Senin, 09 Januari 2023 – 18:45 WIB
Sungai di Mataram Tercemar Mikroplastik, Apa Langkah Pemkot?  - JPNN.com NTB
Wali Kota Mataram Mohan Roliskaan. (ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Sungai Jangkuk di Kota Mataram, NTB tercemar mikroplastik.

Sebagai upaya mencari solusinya, Pemkot Mataram, NTB, mengajak komunitas peduli sungai (KPS) melakukan penanganan sampah mikroplastik.

"Kami segera memanggil dan mengumpulkan KPS Sungai Jangkuk, untuk membicarakan penanganan masalah sampah mikroplastik agar tidak menimbulkan dampak ke depan," kata Wali Kota Mataram Mohan Roliskana, Senin (9/1).

Pernyataan itu disampaikan menyikapi hasil penelitian Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) NTB, yang menyebutkan salah satu sungai di Kota Mataram, yakni Sungai Jangkuk, tercemar mikroplastik.

Mikroplastik merupakan potongan plastik kecil yang berukuran kurang dari 0,5 mm sehingga dapat dengan mudah masuk tubuh hewan yang kemudian dikonsumsi manusia dan meracuni tubuh manusia.

Ia mengatakan, hasil penelitian Walhi NTB tersebut menjadi atensi Pemerintah Kota Mataram untuk melakukan intervensi lebih optimal dalam upaya menjaga kebersihan aliran sungai.

"Kebersihan sungai dari awal sudah menjadi atensi kami sehingga terbentuk kelompok peduli sungai pada sungai yang membelah Kota Mataram yakni Sungai Jangkuk, Ancar, dan Unus," katanya.

Informasi dari Walhi itu, lanjutnya, menjadi catatan khusus Pemkot Mataram untuk dilakukan intervensi lebih konkret dalam upaya menjaga kualitas sungai.

Pemkot Mataram mengaku akan mengajak komunitas peduli sungai untuk menangani sampah mikroplastik
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia