Gubernur NTB Zulkieflimansyah Bertemu Konjen Tiongkok, Ajukan Harapan Penting

Rabu, 10 Agustus 2022 – 13:41 WIB
Gubernur NTB Zulkieflimansyah Bertemu Konjen Tiongkok, Ajukan Harapan Penting - JPNN.com NTB
Gubernur NTB Zulkieflimansyah (kiri) saat menerima kunjungan perwakilan Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (Konjen RRT) Denpasar Zhu Xinglong (kanan), di Ruang Tamu Utama, Kantor Gubernur NTB, di Mataram, Selasa (9/8/2022). ANTARA/Pemprov NTB

ntb.jpnn.com, MATARAM - Pemprov Nusa Tenggara Barat memperkuat kerja sama yang telah terjalin dengan Tiongkok.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, bahwa Tiongkok atau China telah banyak memberikan inspirasi, terutama di bidang pariwisata dan industrialisasi.

Hal tersbeut diungkapkan saat menerima kunjungan perwakilan Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (Konjen RRT) Denpasar Zhu Xinglong, Selasa (9/8).

"China ini memberi banyak sekali inspirasi terutama mengenai pariwisata dan industrialisasi. Kami belajar dari China, bagaimana suatu provinsi di China itu industrialisasi dan teknologinya canggih-canggih," ujar Bang Zul, sapaan Zulkieflimansyah.

Terdapat beberapa program-program menarik yang disampaikan gubernur, di antaranya keinginan mengirim rutin beberapa ASN ke China untuk belajar dan berharap adanya penerbangan langsung China-Lombok.

"Kami ingin mengirim 5-6 orang kita di sini untuk belajar di sana, terutama pariwisata dan pengelolaan sampah, supaya nanti mereka pulang bisa bawa inovasi. Kami juga harap agar ada "direct flight" dari China ke Lombok, karena bandara kita ini sudah kelas dunia, kegiatan internasional juga banyak di sini, tempatnya cantik, kuliner luar biasa," ujar Zulkieflimansyah.

Selain itu industri makanan halal, pertukaran pelajar dan rencana proyek kereta gantung turut dibahas Gubernur NTB dengan Konsul Jenderal RRT Zhu Xinglong.

"Kami ingin belajar dari Tiongkok tentang industri makanan halal. Perusahaan-perusahaan China bisa berkunjung ke sini untuk mengembangkan hal tersebut. Melanjutkan juga kerja sama mengirimkan mahasiswa kami ke China seperti sebelum Covid-19 serta rencana kesinambungan dan kontinuitas kereta gantung, mudah-mudahan bisa ditindaklanjuti," ucapnya.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah bertemu dengan Konjen Tiongkok dan sebutkan beberapa harapan penting
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia