12 Bakal Calon DPD RI mendaftar ke KPU, Lihat Orang-orangnya

Kamis, 29 Desember 2022 – 07:00 WIB
12 Bakal Calon DPD RI mendaftar ke KPU, Lihat Orang-orangnya - JPNN.com NTB
Anggota KPU NTB Zuriati didampingi Agus Hilman, Syamsuddin, dan Sekretaris KPU NTB Agus Suhlan saat menerima berkas syarat dukungan fisik dukungan bakal calon anggota DPD RI, Sabolah Al Kalamby di halaman Kantor KPU NTB di Mataram, Rabu (28/12/2022). (ANTARA/Nur Imansyah).

ntb.jpnn.com, MATARAM - Menjelang penutupan pendaftaran pada Kamis (29/12), 12 bakal calon anggota DPD RI telah mendaftar dan menyerahkan syarat dukungan fisik kepada KPU NTB.

Ketua KPU NTB, Suhardi Soud mengatakan, pada hari ke 18 pendaftaran sejak pendaftaran pertama kali dibuka pada 16 Desember 2022, sudah 12 orang yang menyerahkan syarat dukungan sebagai bakal calon anggota DPD RI dari daerah pemilihan (Dapil) NTB.

"Hari ini sudah ada lima orang yang menyerahkan syarat dukungan ke KPU NTB, sehingga sampai dengan saat ini sudah ada 12 orang bakal calon DPD RI," ujarnya di Kantor KPU NTB, Rabu (28/12).

Ia mengatakan, ke-12 orang bakal calon anggota DPD RI ini yang telah menyerahkan syarat dukungan ini dari 30 orang bakal calon yang meminta akses untuk masuk sistem informasi pencalonan (Silon) di KPU NTB. Mereka yang sudah menyerahkan syarat dukungan itu, di antaranya Subhunnuri, Evi Apita Maya, Sukisman Azmy, Muhir, Lalu Suhaimi Izmy, Ibnu Halil, Mirah Mihdadan Fahmid, Maureen Grace Wenas, Sabolah Al Kalamby, Musa shofiandy, Muhaimin Yahya Mutawalli dan TGH LGM Ali Wirasakti Amir Murni.

Anggota KPU NTB Bidang Teknis dan Penyelenggaraan, Zuriati mengatakan proses penyerahan dukungan untuk bakal calon anggota DPD RI telah dibuka sejak tanggal 16 Desember dan akan berakhir pada tanggal 29 Desember 2022 pukul 23.00 WITA. 

"Minimum 2.000 dukungan. Dan itu paling kurang tersebar di 50 persen kabupaten kota di NTB, artinya karena kita ada 10 kabupaten kota maka minimal sebaran dukungannya cukup di lima kabupaten dan kota," ujarnya disela-sela pendaftaran bakal calon anggota DPD RI.

Ia menjelaskan bila merujuk Pemilu sebelumnya, para bakal calon harus mempersiapkan dan membawa bukti dukungan cukup banyak.

Namun sekarang di Pemilu 2024, para bakal calon cukup memasukkan data ke sistem informasi pencalonan (Silon), sehingga saat datang ke KPU hanya menyerahkan bukti secara fisik dengan cukup selembar map.

Sebanyak 12 bakal calon DPD RI dinyatakan sudah mendaftar ke KPU NTB menjelang H-1 penutupan
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia