Sunda Kecil sebagai Epicentrum dalam Pilpres 2024

Minggu, 02 Oktober 2022 – 14:24 WIB
Sunda Kecil sebagai Epicentrum dalam Pilpres 2024 - JPNN.com NTB
Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 Bambang Mei Finarwanto alias Didu. Foto: M16 for Jpnn.com

ntb.jpnn.com, MATARAM - Sejumlah daerah yang berada dalam region Sudan Kecil, yakni Bali, NTB, dan NTT diyakini akan memegang peranan penting dan strategis dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang, meskipun jumlah pemilih di tiga wilayah tersebut kalah jauh dengan Pulau Jawa.

Menurut Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 Bambang Mei Finarwanto, region Sunda Kecil tetap akan menjadi ajang perebutan legitimasi kawasan bagi setiap kandidat yang bertarung dalam Pilpres 2024.

"Pilpres 2024 bukan hanya soal memenangkan suara terbanyak belaka, tetapi juga soal bagaimana pemenang mendapatkan legitimasi kawasan," kata pria yang kerap disapa Didu ini, Minggu (2/10). 

Oleh karena itu, lanjut Didu, gugusan region Sunda Kecil tetap akan menjadi epicentrum pertarungan perebutan dukungan dalam Pilpres 2024.

Dia juga mengatakan, legitimasi adalah hak moral setiap pemimpin untuk memerintah, membuat, dan melaksanakan keputusan politik. 

"Setiap kandidat yang bertarung dalam Pilpres selain ingin mendulang suara terbanyak, mereka juga pasti ingin mendapatkan legitimasi yang seluas-luasnya," terang Didu. 

Didu menjelaskan, pada Pemilu 2019, KPU menetapkan Daftar Jumlah Pemilih Tetap (DPT) di NTB misalnya hanya 3.573.096 orang. 

Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan Bali dengan jumlah 3.208.249 orang. Sementara di NTT mencapai 3.289.174 orang. 

Dalam Pemilu 2024, Sunda Kecil tetap akan menjadi episentrum dalam pemenangan suara
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia