1.124 Ton Limbah PLTU di NTB Tersalurkan dengan Baik, yok Cek

Jumat, 29 April 2022 – 21:26 WIB
1.124 Ton Limbah PLTU di NTB Tersalurkan dengan Baik, yok Cek - JPNN.com NTB
Salah satu pembangkit listrik tenaga uap berbahan bakar batu bara milik PT PLN di Nusa Tenggara Barat. ANTARA/HO-PLN

ntb.jpnn.com, MATARAM - Sebanyak 1.124 ton limbah PLTU batu bara atau fly ash bottom ash (FABA) telah digunakan untuk menunjang pembangunan infrastruktur di NTB.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB Sudjarwo mengatakan, FABA digunakan dalam proses konstruksi seperti pembuatan paving block, batako, beton rabat, dan dudukan oli.

FABA juga digunakan untuk kajian uji coba stabilisasi lahan.

"Penggunaan FABA tersebut beragam, namun aplikasinya adalah lebih ke arah sebagai campuran bahan bangunan di bidang konstruksi," katanya.

FABA sudah menyebar ke beberapa kabupaten dan kota di NTB, seperti di Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat, Kota Mataram, dan juga Pulau Sumbawa.

Pengguna FABA adalah mereka dari berbagai kalangan, mulai dari instansi pemerintah, badan usaha, pelaku usaha mikro kecil dan menengah, pelaku industri kecil dan menengah, serta kelompok.

Selain itu, kata Sudjarwo, instansi seperti Kepolisian Daerah NTB, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Bank Sampah NTB, telah menggunakan FABA.

Untuk mendapatkan FABA, masyarakat dapat mengambil secara gratis di dua lokasi PLTU, yakni PLTU Jeranjang dan PLTU Sumbawa.

Sebanyak 1.124 ton limbah hasil kerja PLTU di NTB tersalurkan dengan baik, yok cek hasilnya
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia