Pulau Terluar NTB Punya Listrik Bersih, Bernilai Rp 14,3 Miliar

Kamis, 18 Agustus 2022 – 08:00 WIB
Pulau Terluar NTB Punya Listrik Bersih, Bernilai Rp 14,3 Miliar - JPNN.com NTB
Konstruksi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 314 kilo watt peak yang dibangun PT PLN (Persero) di Pulau Medang, salah satu pulau terpencil di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-PLN)

ntb.jpnn.com, PULAU MEDANG - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) hybrid segera melistriki penduduk di Pulau Medang, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

PLTS ini beroperasi selama 24 jam, dan bernilai  Rp 14,3 miliar.

"Itu sebagai wujud komitmen PLN untuk melistriki hingga pelosok negeri dan pengoptimalan energi baru terbarukan (EBT)," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo, Rabu (17/8).

Kepala Dinas Energi dan Sumber daya Mineral NTB, Zaenal Abidin mengapresiasi upaya yang dilakukan PLN untuk melistriki daerah terpencil dan pulau terluar di NTB.

"Ini tentunya langkah yang luar biasa dari PLN. Tidak hanya sekedar melistriki, tetapi berhasil menghadirkan energi bersih di pulau terluar NTB," katanya.

, pembangunan PLTS di Pulau Medang bertujuan untuk mengantisipasi beban yang dipastikan meningkat.

Selain itu, PLTS ini dioperasikan untuk pencapaian target bauran EBT sebesar 23 persen pada 2025.

Dalam proses pembangunan, kata Sudjarwo, pihaknya dihadapkan pada tantangan jarak yang cukup jauh dan juga faktor cuaca.

Pulau Medang, sebagai pulau terluar NTB kini memiliki aliran listrik bersih, yang bernilai Rp 14,3 miliar
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia