Lindungi Penyu, PLN Gelontor Rp 120 Juta untuk Antisipasi Ancaman

Minggu, 07 Agustus 2022 – 19:00 WIB
Lindungi Penyu, PLN Gelontor Rp 120 Juta untuk Antisipasi Ancaman - JPNN.com NTB
Ketua Kelompok Penyu Lombok, Masnun, menunjukkan seekor anak penyu (tukik) yang ditangkarkan di Kawasan Esensial Penyu, Desa Kuranji Dalang, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-PLN)

ntb.jpnn.com, LOMBOK BARAT - PT Persero Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat turut memberikan bantuan dalam rangka melindungi habitat penyu.

Perlindungan bagi satwa yang dilindungi undang-undang itu dilakukan dengan melakukan penataan Kawasan Esensial Penyu di Desa Kuranji Dalang, Lombok Barat.

Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Wilayah NTB Refa Purwati di Kabupaten Lombok Barat menjelaskan, pihaknya sudah memberikan bantuan senilai Rp 120 juta di Desa Kuranji Dalang pada 2022.

Bantuan tersebut digunakan untuk penataan fasilitas penangkaran penyu, melalui revitalisasi bangunan fisik.

Selain itu, untuk mendukung kegiatan wisata edukasi secara berkelanjutan, PLN juga membangun gedung serbaguna serta sarana dan prasarana edukasi di area kawasan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa ataupun anak sekolah yang berada di sekitar wilayah.

"Kami berharap bantuan itu dapat memelihara habitat alami penyu, meningkatkan populasi satwa penyu di Kuranji Dalang, serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian penyu," katanya.

Sebelumnya, PLN Unit Induk Wilayah NTB telah memberikan bantuan untuk Kerabat Penyu Lombok pada 2021, senilai Rp 75 juta berupa pembuatan pagar beton keliling lokasi pelestarian penyu untuk melindungi sanctuary dari faktor ancaman dari luar.

Menurut Refa, Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat menyimpan banyak potensi keanekaragaman hayati.

Satwa penyu harus mendapat perlindungan yang maksimal, maka dari itu PLN telah memberikan bantuan sebesar Rp 120 juta untuk antisipasi ancaman luar
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia