Kelompok Ternak di Mataram Ramu Limbah Sayuran

Selasa, 25 Oktober 2022 – 09:31 WIB
Kelompok Ternak di Mataram Ramu Limbah Sayuran - JPNN.com NTB
Ketua Kelompok Ternak Ndeq Ulak Ngawis, Kelurahan Pagutan Barat, Kota Mataram, NTB, I Nengah Bagiarte menunjukkan tempat pengolahan limbah sayuran menjadi pakan ternak alternatif. (ANTARA/HO-PLN)

ntb.jpnn.com, MATARAM - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara membantu Kelompok Ternak Ndeq Ulak Ngawis di Kelurahan Pagutan Barat, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, untuk memanfaatkan limbah sayuran menjadi pakan ternak alternatif.

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui program tanggung jawab sosial lingkungan.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, Wahidin mengatakan, pihaknya sangat antusias melihat perkembangan dan capaian Kelompok Ndeq Ulak Ngawis, yang dari awal terus melakukan perbaikan dan menunjukkan perkembangan yang signifikan terkait pengembangan pakan alternatif yang mereka lakukan.

"Program tanggung jawab sosial lingkungan yang dilakukan oleh PLN diselaraskan dengan agenda besar pemerintah daerah melalui misi NTB bumi sejuta sapi, sehingga ke depan masyarakat ternak mampu menciptakan populasi ternak yang optimal," katanya, Senin (24/10).

Ia mengatakan, pihaknya merespons beberapa kendala yang dihadapi oleh masyarakat sekitar, terutama kelompok ternak yang tumbuh di wilayah yang tidak memiliki lahan luas dan hamparan hijau yang merupakan sumber pakan utama untuk peternakan hewan ternak.

Seiring berjalannya proses, kata Wahidin, potensi yang muncul dari aktivitas program bantuan tersebut tidak bertumpu pada penggemukan hewan ternak saja, melainkan memunculkan potensi pengembangan usaha kecil dan menengah melalui terobosan penggunaan teknologi yang mampu menghasilkan pakan alternatif dari pemanfaatan limbah organik menjadi suatu produk yang memiliki nilai ekonomis.

"Ke depan kami akan tetap berkolaborasi dengan stakeholder terkait, untuk dapat menjawab tantangan dan menghadirkan asas kemanfaatan bagi masyarakat," ujarnya.

Hal tersebut, diharapkan bisa terwujud melalui program-program yang berwawasan lingkungan, program pendidikan, pengembangan usaha kecil dan menengah, yang memiliki dampak berkelanjutan.

PLN membantu kelompok ternak di Mataram dalam memanfaatkan limbah sayuran
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia