Lolos Uji Coba, Jetty Lombok Peaker Rampung Tahun Ini

Rabu, 18 Januari 2023 – 14:22 WIB
Lolos Uji Coba, Jetty Lombok Peaker Rampung Tahun Ini - JPNN.com NTB
Satu unit kapal sandar di terminal khusus jetty Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Uap (PLTMGU) Lombok Peaker di NTB. ANTARA/HO-PLN

ntb.jpnn.com, LOMBOK - Setelah melalui proses pemeriksaan fisik dan uji coba sandar kapal, PT PLN (Persero) merampungkan pembangunan terminal khusus jetty Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Uap (PLTMGU) Lombok Peaker di Kota Mataram, NTB.

"Keberhasilan uji coba dermaga yang merupakan bagian dari infrastruktur utama pada awal tahun ini menjadi penyemangat kami menyelesaikan target kerja pada 2023," kata General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara Wahidin, Selasa (17/1).

Jetty Lombok Peaker ini dipercaya sangat vital demi keandalan operasional sebuah pembangkit.

Uji coba fungsi tersebut dilakukan dengan menggunakan kapal yang memiliki bobot 5.000 dead weight tonnage (DWT) dengan panjang kapal 56,50 meter.

Proses pengujian tersebut disaksikan langsung oleh perwakilan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) III Lembar dan Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Pemenang, dengan hasil layak untuk dioperasikan.

Wahidin menjelaskan pembangunan terminal khusus atau jetty Lombok Peaker bertujuan untuk mengefisienkan proses bongkar muat bahan bakar yang akan dimanfaatkan untuk mendukung operasional PLTMGU Lombok Peaker yang merupakan salah satu tulang punggung pembangkit penyedia energi listrik pada sistem Lombok dengan kapasitas 130 Mega Watt (MW) hingga 150 MW.

Ia menyebutkan, pembangunan infrastruktur jetty pembangkit yang dimulai sejak 2021 tersebut menelan biaya investasi sebesar Rp 81 miliar dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mencapai 90 persen.

Menggunakan type konstruksi deck on pile, dermaga tersebut mampu menampung sandar kapal maksimum sampai 8.000 DWT.

Tahun ini, PLN akan merampungkan pembangunan terminal khusus atau jetty PLTMGU Lombok Peaker

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News