Kelola Sampah Cara Jitu, Simak!

Kamis, 13 Oktober 2022 – 08:59 WIB
Kelola Sampah Cara Jitu, Simak! - JPNN.com NTB
Tong Sampah yang disiapkan pemerintah Lombok Tengah, NTB di alun-alun Tastura. (ANTARA/Akhyar)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Pengelolaan sampah harus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah.

Pemerhati lingkungan, Anjar Siswara mengatakan, apabila pemilahan dan pengelolaan sampah dilakukan dengan konsisten oleh setiap rumah tangga, maka jumlah sampah yang akan terbuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) berkurang drastis.

"Pengelolaan sampah berbasis rumah tangga hal yang harus terus diedukasi kepada masyarakat untuk mengurangi volume sampah yang dibuang di TPA," kata Anjar, Rabu (12/10).

Ia mengatakan, sampah rumah tangga biasanya dihasilkan dari aktivitas rumah tangga seperti memasak dan mencuci.

Adapun wujud dari sampah rumah tangga bisa berupa sisa makanan, bungkus makanan, kantong plastik, kertas, botol bekas, air yang berasal dari kegiatan mencuci

"Sampah rumah tangga itu masih banyak lagi jenisnya," kata pria asal Kelurahan Leneng, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, NTB itu.

Ia mengatakan, sampah rumah tangga berdasarkan sifat daur-ulang sampah terbagi menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Untuk sampah organik merupakan jenis sampah yang bersifat dapat di daur ulang, karena memiliki zat organik, misal sampah kertas, sampah sisa makanan, sampah dedaunan.

Pemerhati lingkungan menyebutkan bahwa pengelolaan sampah berbasis rumah tangga perlu dikedepankan
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia