Olah Sampah Menjadi Pupuk Cair: Program Lansia di Mataram

Rabu, 07 September 2022 – 23:09 WIB
Olah Sampah Menjadi Pupuk Cair: Program Lansia di Mataram - JPNN.com NTB
Pencanangan Kelurahan Ramah Lansia di Kelurahan Dasan Agung, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/9-2022) ditandai dengan penyerahan secara simbolis 13 unit tong komposter kepada lansia di kelurahan tersebut. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Para lanjut usia (lansia) di Kelurahan Dasan Agung Baru, Kota Mataram punya program khusus sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masalah sampah.

Kelompok ini memiliki gerakan pengolahan sampah organik menjadi pupuk cair.

“Gerakan mengolah sampah organik menjadi pupuk cair merupakan satu ide yang sangat bagus dalam rangka pengurangan sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA)," kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram Irwansyah, Selasa (6/9).

Pihaknya  menilai program yang dicanangkan pada kelurahan itu bagian dari upaya mencapai target nasional pengurangan sampah yang dibuang ke TPA sebesar 30 persen dan 70 persen penanganan.

"Sampai saat ini Kota Mataram sudah melakukan pengurangan pembuangan sampah ke TPA mencapai 10 persen," katanya.

Ia mengatakan, realisasi program pengurangan sampah sebesar 10 persen itu dinilai cepat karena inovasi dan kreativitas dari masing-masing kecamatan dan kelurahan membuat program pilah dan pengolahan sampah dari rumah tangga.

"Selain mengolah sampah melalui budi daya maggot, pengolahan sampah plastik, sampah organik menjadi pupuk padat, dan kini menjadi pupuk cair bisa mempercepat capaian target 30 pengurangan sampah," katanya.

Harapannya, kata Irwansyah, program ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga apa yang menjadi target dan komitmen bersama bisa tercapai.

Para lansia di Kota Mataram sedang menjalankan gerakan mengolah sampah organik menjadi pupuk cair

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News