Jaga Kestabilan Harga, Bulog NTB Salurkan 32.000 Ton Beras

Rabu, 28 September 2022 – 08:02 WIB
Jaga Kestabilan Harga, Bulog NTB Salurkan 32.000 Ton Beras - JPNN.com NTB
Sejumlah warga membeli kebutuhan pokok di operasi pasar murah yang digelar oleh Perum Bulog NTB bersama pemerintah daerah di NTB. (ANTARA/HO-Bulog)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Nusa Tenggara Barat menyiapkan 32.000 ton untuk menjaga kestabilan harga melalui program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH).

Pimpinan Wilayah Bulog NTB Abdul Muis Sayyed Ali menyebutkan, dari total 32 ribu ton beras program KPSH yang disiapkan, sebanyak 25 ribu ton atau sebesar 76 persen sudah disalurkan sejak Januari hingga minggu ke-3 September 2022.

"Sebanyak 25 ribu ton yang sudah terealisasi di NTB, merupakan bagian dari 650 ribu ton beras program KPSH yang digelontorkan Bulog di seluruh Indonesia, terhitung dari awal tahun hingga minggu ke-3 September 2022," katanya, Selasa (27/9).

Ia mengatakan penyaluran beras program KPSH dilakukan melalui seluruh lini penjualan, seperti operasi pasar, pedagang di pasar tradisional, kios-kios di perkampungan penduduk, dan rumah pangan kita (RPK) yang dikelola oleh mitra Bulog NTB.

Abdul menambahkan kegiatan operasi pasar murah kebutuhan pokok tersebut dilakukan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota.

Lokasi pasar murah dipusatkan di kantor lurah dan kantor desa atau di lapangan terbuka yang ada di kelurahan dan desa sehingga mudah dijangkau masyarakat.

"Warga bisa membeli berbagai kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Khusus untuk beras KPSH dijual dengan harga eceran tertinggi (HET), yakni sebesar Rp 9.450 per kilogram," ujarnya.

Menurut dia, program KPSH di NTB sudah berjalan sesuai instruksi Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso yang meminta agar seluruh jajaran memasifkan program yang dilakukan setiap tahun itu benar-benar efektif dalam mencegah gejolak harga di tingkat konsumen.

Bulog NTB siapkan beras KPSH 32.000 ton untuk jaga kestabilan harga
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia