Pileg 2024, Konon Elektabilitas Syamsul Luthfi Paling Moncer di Dapil II NTB

Kamis, 01 Juni 2023 – 23:22 WIB
Pileg 2024, Konon Elektabilitas Syamsul Luthfi Paling Moncer di Dapil II NTB - JPNN.com NTB
Hasil survei PolMark Research Center (PRC)-PolMark Indonesia terhadap sejumlah tokoh baik petahana maupun pendatang baru di Pileg 2024, DPR RI dapil NTB II Pulau Lombok. Foto: source for JPNN.com

ntb.jpnn.com, MATARAM - Hasil survei PolMark Indonesia menunjukkan popularitas dan elektabilitas anggota DPR RI Syamsul Luthfi paling moncer di daerah pemilihan (Dapil) II NTB, yakni Pulau Lombok menjelang Pemilu Legislatif atau Pileg 2024.

Survei tersebut dilakukan PolMark Research Center (PRC) Indonesia periode Januari - April 2023 terhadap 14 nama bakal caleg DPR RI, termasuk delapan petahana anggota dewan.

Berdasar survei PolMark, popularitas adik Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi itu berada di angka 34,6 persen dengan elektabilitas teratas (16,9 persen). Politikus NasDem itu juga paling disukai responden (28,5 persen).

Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Ihsan Hamid tidak kaget dengan munculnya nama Syamsul Luthfi di posisi teratas.

Dia menilai Syamsul Luthfi memiliki ikatan yang kuat di basis massanya, yakni organisasi Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI).

"Untuk Syamsul Luthfi saya kira hasil ini tidak mengejutkan, karena dia punya basis," ucap Ihsan saat dihubungi pada Kamis (1/6).

Ihsan juga menilai pemilih Syamsul Luthfi juga tidak akan terpengaruh dengan kendaraan politik yang akan dia pakai di PIleg 2024.

"Model Syamsul Luthfi ini dia pindah ke partai mana pun tetap dengan ceruk suaranya," lanjutnya.

Hasil survei PolMark Indonesia menunjukkan elektabilitas Syamsul Luthfi paling tinggi di Dapil Pulau Lombok menjelang Pileg 2024.
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia