Polda NTB Siap Siaga Antisipasi Kekeringan

Senin, 12 September 2022 – 14:59 WIB
Polda NTB Siap Siaga Antisipasi Kekeringan - JPNN.com NTB
Petugas kepolisian mengisi air bersih ke dalam ember milik masyarakat yang kini menghadapi bencana kekeringan di Dompu, NTB, Senin (12/9/2022). (ANTARA/HO-Polres Dompu)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat menyiagakan personel untuk mengantisipasi dampak bencana kekeringan di NTB.

Kekeringan melanda sembilan dari 10 kabupaten dan kota di NTB.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengatakan, bahwa ada dua persoalan yang menjadi perhatian pihaknya di tengah bencana kekeringan.

"Pertama, soal potensi kebakaran lahan," kata Artanto.

Terkait dengan potensi tersebut, dia memastikan bahwa pihaknya mengandalkan garda terdepan Polri yang bertugas di desa maupun kelurahan.

"Antisipasi mulai dari tingkat bhabinkamtibmas dan polsek-polsek. Mereka memonitor titik-titik yang berpotensi menjadi asal kemunculan api kebakaran. Itu bentuk pencegahan secara dini di lapangan," ujarnya.

Dalam mencegah kebakaran, pihaknya mengajak peran masyarakat untuk menjaga wilayah. Khusus di kawasan hutan ataupun lahan yang sangat berpotensi terjadi kebakaran.

"Seperti di kawasan pegunungan. Masyarakat maupun para pendaki diimbau untuk tidak membuat titik api yang bisa mengakibatkan kebakaran lahan secara meluas," ucap dia.

Polda NTB menyiagakan personel sebagai langkah antisipasi dampak bencana kekeringan
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia