Awas Hujan Lebat di NTB Jumat Ini, Berpotensi Angin Kencang

Jumat, 09 September 2022 – 11:23 WIB
Awas Hujan Lebat di NTB Jumat Ini, Berpotensi Angin Kencang - JPNN.com NTB
Hujan. Foto : Ricardo/JPNN.com

ntb.jpnn.com, MATARAM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mem prakirakan terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia, Jumat (9/9).

Kondisi tersebut berpotensi terjadi di Nusa Tenggara Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Papua, dan Papua Barat.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG, potensi yang sama bisa juga terjadi di Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

BMKG mengemukakan Daerah Konvergensi terpantau memanjang di Samudra Hindia barat daya Banten, dari perairan selatan Jawa Barat hingga Samudra Hindia barat Lampung, dari Laut Jawa bagian tengah hingga Sumatera Selatan bagian barat, dari Sumatera Selatan bagian utara hingga Riau.

Daerah konvergensi lainnya, di pesisir barat Kalimantan Barat, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di pesisir timur Kalimantan Utara, dari Sulawesi Selatan hingga Selat Makassar, dan dari Laut Seram bagian barat hingga Laut Maluku bagian selatan, di Papua Barat, di Papua bagian utara dan selatan.

BMKG menyampaikan kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprediksi bahwa pada Jumat ini Jakarta Pusat dan Jakarta Utara bercuaca hujan ringan sepanjang hari ini.

BMKG juga memperingatkan untuk waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada sore menjelang malam hari.

Harap waspada akan potensi hujan lebat di wilayah NTB pada Jumat ini, disertai angin kencang dan kilat
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia