Waspada! 2 Kabupaten di NTB Darurat Kekeringan

Rabu, 07 September 2022 – 13:22 WIB
Waspada! 2 Kabupaten di NTB Darurat Kekeringan - JPNN.com NTB
Kekeringan. Foto : Ricardo/JPNN.con

ntb.jpnn.com, MATARAM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat mengemukakan ada sembilan dari 10 kabupaten dan kota ditetapkan status siaga bencana kekeringan.

Demikian diungkapkan Kepala BPBD NTB Sahdan.

Dari sembilan dari 10 kabupaten dan kota yang telah menetapkan status siaga bencana kekeringan itu, dua diantaranya sudah meningkatkan statusnya menjadi tanggap darurat kekeringan, yakni Kabupaten Lombok Timur dan Sumbawa.

"Mungkin, juga akan menyusul Kabupaten Bima sama Lombok Tengah. Kelihatannya seperti itu. Kalau tidak ada hujan beberapa hari ke depan pasti menyusul, karena kondisinya luar biasa," ujar Sahdan, Rabu (7/9).

Sampai saat ini jumlah desa yang terdampak kekeringan sebanyak 296 desa dari 74 kecamatan.

Sedangkan jumlah penduduk yang terdampak sebanyak 500 ribu jiwa dari 100 ribu kepala keluarga (KK).

"Dari sembilan kabupaten dan kota itu total wilayah yang terdampak ada 74 kecamatan dan 296 desa. Sementara total KK 100 ribu sekian dan 500-an ribu jiwa," ujarnya.

Untuk mengatasi dampak kekeringan tersebut, BPBD NTB bersama kabupaten dan kota telah melakukan langkah-langkah, salah satunya dengan mendistribusikan air bersih ke wilayah yang terdampak kekeringan.

Waspada! Ada 2 kabupaten di NTB kini berstatus darurat kekeringan
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia