Festival Mutiara Mataram Jadi Agenda Baru Tahunan Pariwisata, Detilnya Seperti Berikut

Kamis, 01 September 2022 – 08:17 WIB
Festival Mutiara Mataram Jadi Agenda Baru Tahunan Pariwisata, Detilnya Seperti Berikut - JPNN.com NTB
Ilustrasi: Ketua TP PKK Kota Mataram Hj Kinnastri Mohan Roliskana (jilbab kuning) melihat berbagai koleksi mutiara dalam kegiatan Festival Mutiara di Taman Sangkareang Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyambut HUT Ke-29 Kota Mataram, Jumat (26/8-2022). (ANTARA/HO-Diskominfo)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menetapkan Festival Mutiara Mataram atau "Mataram Pearl Festival" menjadi agenda tahunan.

Festival ini akan menjadi rutinitas pariwisata tahunan untuk promosi produk usaha mikro kecil menengah (UMKM), khususnya mutiara.

Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan nilai transaksi dan nilai jual.

"Alhamdulillah, transaksi selama kegiatan Festival Mutiara Mataram yang kita gelar pada 26-28 Agustus 2022, mencapai Rp 1,6 miliar," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi, Rabu (31/8).

Menurutnya, tingginya nilai transaksi tersebut karena saat jadwal lelang mutiara yang diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah di Indonesia juga ada peserta dari luar negeri yakni Jepang yang sangat meminati mutiara Lombok.

"Festival dan lelang mutiara ini tidak hanya dari produsen di Mataram, melainkan se-NTB bahkan ada beberapa dari luar daerah," katanya.

Denny mengatakan, kalau khusus untuk nilai transaksi di stand bazar festival mutiara terkumpul sekitar Rp 100 juta.

Tetapi untuk kegiatan lelang yang digelar di Hotel Santika transaksinya mencapai Rp 1,6 miliar.

Festival Mutiara Mataram akan menjadi agenda tahunan pariwisata untuk meningkatkan nilai transaksi UMKM
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia