1.000 UMKM Segera Disertifikasi Halal

Kamis, 16 Februari 2023 – 12:42 WIB
1.000 UMKM Segera Disertifikasi Halal - JPNN.com NTB
Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah, memberikan pengarahan dalam pembukaan Safari Sertifikasi Halal dan Baik, di aula Kantor Lurah Lempeh, Kecamatan Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Rabu (15/2/2023). ANTARA/HO-Prokopim Sumbawa)

ntb.jpnn.com, SUMBAWA - Sebanyak 1.000 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan mendapat dukungan melalui Safari Sertifikasi Halal dan Baik pada 2023.

"Saya mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini sebagai upaya akselerasi sertifikasi halal bagi para pelaku usaha, karena makanan yang halal dan sehat merupakan hak bagi konsumen," kata Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah, dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, Rabu (15/2).

Dalam pembukaan Safari Sertifikasi Halal dan Baik, Mahmud mengatakan sertifikasi halal, aman dan sehat menjadi hal penting karena pada saat ini masih banyak beredar makanan baik pabrikan maupun non pabrikan yang tidak memenuhi syarat aman dan halal untuk dikonsumsi.

Pemkab Sumbawa telah mencanangkan visi Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban pada 2026.

Salah satu program unggulan di dalamnya adalah gratis pembuatan label dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selain itu, label halal, jaminan pemasaran bagi UMKM, bantuan kemandirian bagi komunitas milenial dan pelaku ekonomi kreatif start up dan e-commerce.

"Dengan itu, Pemkab Sumbawa melalui Diskoperindag juga telah melakukan terobosan yang sistemik melalui pembentukan pusat halal (Halal Center) Kabupaten Sumbawa, bahkan telah meraih beberapa penghargaan tingkat nasional," katanya

Mahmud juga berharap kepada para pelaku usaha agar memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan Safari Sertifikasi Halal dan Baik.

Pemkab Sumbawa menargetkan untuk melayani 1.000 UMKM lewat Safari Sertifikasi Halal
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia