Gunung Rinjani Jadi Geopark Dunia, Dongkrak Pariwisata NTB

Selasa, 31 Mei 2022 – 16:41 WIB
Gunung Rinjani Jadi Geopark Dunia, Dongkrak Pariwisata NTB - JPNN.com NTB
Panorama puncak Gunung Rinjani terlihat dari Desa Sapit, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (23/10/2018). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww).

ntb.jpnn.com, MATARAM - Pemprov Nusa Tenggara Barat optimistis mampu mempertahankan status Gunung Rinjani menjadi bagian dari jaringan Geopark Dunia atau Global Geopark Network (GGN) oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa (UNESCO).

"Kami optimistis hasil penilaian tim Geopark Global Network akan baik," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi.

Untuk itu, pihaknya yakin staf di Geopark Rinjani telah bekerja dan mempersiapkan ini dengan baik.

Ia mengatakan, bila Gunung Rinjani mampu mempertahankan status Geopark Dunia tentu berdampak kepada citra Rinjani dan pariwisata NTB di mata dunia.

"Ini akan berdampak kepada 'branding' Rinjani sebagai bagian dari Global Geopark Network dan tentu saja akan memberi citra positif bagi pengembangan pariwisata minat khusus di NTB, sehingga akan banyak peminat pelancong untuk datang berkunjung," katanya.

Sementera, itu tim lapangan asesor UNESCO sedang melakukan pengecekan ulang atau revalidasi status Global Geopark Rinjani.

Tim evaluator yang diterjunkan oleh UNESCO berasal dari Jerman dan Austria, yakni Henning Zellmer dan Oliver Gulas Woehri.

Selain itu, ada juga tim evaluator dari UNESCO Jakarta.

Gunung Rinjani harus menjadi Geopark Dunia, hal ini bisa mengdongkrak citra pariwisata NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News