Kekayaan Gunung Rinjani di Lombok, Hasil Riset Mencengangkan

Rabu, 01 Februari 2023 – 10:28 WIB
Kekayaan Gunung Rinjani di Lombok, Hasil Riset Mencengangkan - JPNN.com NTB
Sejumlah wisatawan berkemah di Kaki Gunung Rinjani di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur, NTB. (FOTO ANTARA/HO-Noris/2022)

ntb.jpnn.com, GUNUNG RINJANI - Pamor Gunung Rinjani semakin meningkat. 

Kepala Bidang Tata Usaha BTNGR Dwi Pangestu menyebutkan, jumlah peneliti yang melakukan riset pada 2022 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya 27 peneliti.

Di tahun 2022, sebanyak 36 orang peneliti melakukan riset di Gunung Rinjani Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk berbagai kepentingan di bidang ilmu pengetahuan. 

Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga di Indonesia.

"Jumlah penelitian di Gunung Rinjani dari tahun ke tahun terus meningkat. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir total ada 75 penelitian, tapi terbanyak pada 2022 sebanyak 36 penelitian dan semuanya dari dalam negeri," katanya, Selasa (31/1).

Menurut dia, Gunung Rinjani memiliki keunikan dari segi keanekaragaman hayati yang juga saya perlu masih banyak dieksplorasi. Hal itulah yang menyebabkan semakin banyak orang tertarik untuk melakukan penelitian.

Gunung Rinjani adalah gunung di Pulau Lombok yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Gunung Rinjani memiliki keunikan dari segi saintifik," katanya.

Jumlah peneliti yang melakukan riset di Gunung Rinjani di Lombok makin meningkat dari waktu ke waktu, terbanyak di tahun 2022
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia