16 Calon TKI Asal NTB Digerebek, Hendak Dikirim ke Malaysia

Senin, 19 September 2022 – 09:11 WIB
16 Calon TKI Asal NTB Digerebek, Hendak Dikirim ke Malaysia - JPNN.com NTB
16 calon PMI dan satu orang pengurus yang diamankan Ditpolairud Polda Kepri (ANTARA/HO-Ditpolairud Polda Kepri)

ntb.jpnn.com, BATAM - Pengiriman calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI ilegal masih terjadi.

Jajaran Ditpolairud Polda Kepri melakukan penggerebekan tempat penampungan 16 orang calon TKI yang akan diberangkatkan ke Malaysia secara ilegal dari Kota Batam Kepulauan Riau.

Penggerebekan itu dilakukan petugas di salah satu hotel yang ada di Kota Batam, Jumat (16/9) sore.

“Rencananya 16 orang calon PMI itu akan diberangkatkan ke Malaysia secara non prosedural melalui pelabuhan tidak resmi," ujar Direktur Polairud Polda Kepri Kombes Pol Boy Herlambang di Batam, Sabtu (17/9).

Dia melanjutkan, ke-16 orang calon PMI yang diamankan oleh petugas Ditpolair Polda Kepri itu diketahui berasal dari berbagai daerah.

“Ada yang berasal dari Nusa Tenggara Barat, tepatnya dari Lombok dan ada juga yang berasal dari Sumatera Barat,” ungkapnya.

Boy menjelaskan, dari hasil pengungkapan kasus tersebut, pihaknya juga mengamankan satu orang yang bertanggung jawab melakukan kepengurusan penampungan dan keberangkatan para calon PMI tersebut berinisial AW (30)

"AW ini adalah orang yang melakukan pengurusan mengambil keuntungan dari setiap calon PMI sebesar Rp 2,4 juta. Dia (pelaku) juga dari hasil keterangannya sudah beberapa kali melakukan kegiatan serupa," kata Boy.

Sebanyak 16 calon TKI ilegal asal NTB digerebek di Batam, hendak dikirim ke Malaysia
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia