204 TKI asal NTB Berangkat Gratis ke Malaysia

Selasa, 30 Agustus 2022 – 09:46 WIB
204 TKI asal NTB Berangkat Gratis ke Malaysia - JPNN.com NTB
Pelepasan 204 pekerja migran Indonesia (PMI) asal Nusa Tenggara Barat (NTB) sektor ladang sawit menuju Malaysia yang dilaksanakan di Asrama Haji Mataram, Senin (29/8/2022). (ANTARA/Nur Imansyah).

ntb.jpnn.com, MATARAM - Sebanyak 204 calon pekerja migran Indonesia (PMI) atau TKI asal NTB diberangkatkan secara gratis untuk bekerja di perusahaan sawit di Malaysia.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan pekerja ladang dari NTB dikenal sangat terampil di Malaysia.

Pekerja dari NTB bukan hanya piawai menguasai sawit, tetapi juga banyak mengajarkan hal mulia dalam ibadah.

"Orang Malaysia sangat terpukau, karena sesibuk apapun orang NTB tidak pernah meninggalkan salat," ujar Gubernur NTB pada pelepasan PMI NTB sektor ladang sawit menuju Malaysia di Asrama Haji Mataram, Senin (29/8).

Bang Zul (sapaan akrab Zulkieflimansyah) berharap agar TKI yang akan bekerja ke Malaysia menjaga nama baik diri, daerah, dan bangsa.

"Tidak perlu bersaing dengan yang lain. Harus saling menjaga dan menasehati dan yang penting salat berjamaah, jangan ditinggalkan apapun kondisinya. Karena hati yang tenang didapatkan dari beribadah," ujarnya.
Kepada perusahaan penempatan, Gubernur NTB berpesan jika memungkinkan, keluarga TKI, anak dan istrinya, diberikan satu kesempatan untuk berkunjung ke sana.
"Jika keluarga melihat lingkungan bapak-bapak bekerja, hati dan batinnya lebih tenang melepas keluarganya bekerja," katanya.
Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah memberikan apresiasi kepada semua pihak yang memperjuangkan TKI tanpa biaya.

Keberhasilan dan upaya memberangkatkan TKI secara gratis ini juga harus diberitakan, karena selama ini berita yang ada seringkali hanya membahas tentang permasalahan dan sisi negatif dari TKI non-prosedural.

"Kami juga perlu memberikan sosialisasi tentang PMI yang berhasil. Selama ini pemberitaan PMI banyak yang negatif. Alhamdulillah, akhir-akhir ini kita banyak mendengar succes story PMI seperti slogan 'berangkat migran pulang juragan'. Ini perlu lebih digaungkan dan sosialisasi ini harus sampai desa," ujar Rohmi.

Sebanyak 204 calon TKI asal NTB diberangkatkan secara gratis ke Malaysia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News