Saran untuk Kapolri Jenderal Listyo dalam Kasus Baku Tembak Polisi: Belajar Banyak dari TNI

Jumat, 15 Juli 2022 – 12:59 WIB
Saran untuk Kapolri Jenderal Listyo dalam Kasus Baku Tembak Polisi: Belajar Banyak dari TNI - JPNN.com NTB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan pers kepada wartawan terkait kasus penembakan di rumah Irjen Ferdy Sambo. Dok Humas Polri.

ntb.jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo disarankan untuk belajar dari TNI dalam menangani perkara hukum yang melibatkan perwira.

Saran tersebut diungkapkan pengamat kepolisian Bambang Rukminto, terkait dengan kasus penembakan polisi yang menewaskan Brigadir J.

Menurut Bambang Rukminto, Jenderal Listyo harus bisa belajar tentang akuntabilitas hingga ketepatan dari TNI dalam menangani perkara penabrakan terhadap sejoli Handi dan Salsabila di Nagreg, Jawa Barat, 8 Desember 2021.

Diketahui, seorang perwira TNI, yakni Kolonel Priyanto dinyatakan terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana, merampas hak orang lain, dan menghilangkan mayat.

Pengadilan Militer Tinggi II, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (7/6), menghukum Priyanto pidana penjara seumur hidup dan dipecat dari TNI.

Menurut Bambang, Jenderal Listyo bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dan ketepatan dari TNI ketika Korps Bhayangkara mengungkap kasus baku tembak di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Jakarta Selatan, Jumat (8/7).

"Kapolri seharusnya belajar dari TNI dalam penyelesaian kasus di Nagreg, Jawa Barat yang melibatkan Kolonel Priyanto yang relatif cepat, tuntas, dan akuntabel," kata peneliti dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) itu melalui layanan pesan, Jumat (15/7).

Bambang mengaku hingga kini masih melihat upaya-upaya yang dilakukan oleh Polri dalam mengusut kasus baku tembak di rumah Irjen Ferdy jauh dari prinsip akuntabilitas dan ketepatan.

Terkait dengan sasus penembakan polisi, Jenderal Listyo disarankan banyak belajar dari TNI
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia