KPU Mataram Sasar Kalangan Muda, Gandeng Dukcapil

Rabu, 05 Oktober 2022 – 16:00 WIB
KPU Mataram Sasar Kalangan Muda, Gandeng Dukcapil - JPNN.com NTB
Komisi Pemilihan Umum. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

ntb.jpnn.com, MATARAM - Komisi Pemilihan Umum Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, melakukan sosialisasi Pemilu 2024 kepada pemilih pemula melalui beberapa sekolah.

KPU mendorong para pelajar berperan aktif ketika sudah berusia 17 tahun dengan melakukan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.

Ketua KPU Kota Mataram M. Husni Abidin mengatakan, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat agar lebih aktif melaksanakan program jemput bola ke sekolah-sekolah dengan menyasar pelajar yang sudah wajib KTP.

"Tujuannya agar anak yang sudah usia 17 tahun bisa ber-KTP dan dapat menyalurkan hak pilihnya pada 14 Februari 2024," katanya.

Selain itu, KPU Kota Mataram juga aktif melakukan penguatan demokrasi berbasis internal kepada para pelajar sekolah dalam proses pemilihan ketua OSIS di masing-masing sekolah, terutama tingkat SMA/sederajat.

Dalam kegiatan itu, para pelajar didampingi dan diberikan ilmu mengenai tahapan pemilihan ketua OSIS sesuai tahapan pemilu sehingga mereka bisa melaksanakan pemilihan dengan baik.

"Dengan demikian, secara tidak langsung mereka sudah bisa praktik menyalurkan hak demokrasi. Jadi, ketika pemilu nanti mereka sudah bisa menyalurkan hak suara dengan baik dan benar serta tidak menjadi golongan putih (golput)," katanya.

KPU juga menggencarkan kegiatan sosialisasi Pemilu 2024 ke berbagai golongan masyarakat lain, termasuk yang tua.

KPU Mataram menyasar kalangan muda untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang dengan cara menggandeng Dukcapil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News