Buah Manggis & Rambutan NTB Diekspor ke Dubai, Lihat Cara Tanamnya

Selasa, 24 Januari 2023 – 09:36 WIB
Buah Manggis & Rambutan NTB Diekspor ke Dubai, Lihat Cara Tanamnya - JPNN.com NTB
Manggis. Foto : Ricardo/JPNN.com

ntb.jpnn.com, MATARAM - Buah manggis dan rambutan asal Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menikmati warga Dubai, Uni Emirat Arab. 

PT Bintang Agro Sentosa, selaku eksportir buah di NTB, mengirim 800 kilogram manggis dan 200 kilogram rambutan sesuai pesanan mitra bisnis di wilayah tersebut.

"Pengiriman buah segar senilai 4.072,6 dollar Amerika Serikat tersebut sudah dilakukan oleh eksportir pada Jumat (21/1)," kata Kepala Dinas Perdagangan NTB Baiq Nelly Yuniarti.

Ia mengatakan, bahwa ekspor manggis dan rambutan dari NTB ke Dubai tersebut merupakan yang pertama kali.

Sebelumnya, PT Bintang Agro Sentosa mengekspor buah tersebut ke China pada 2022.

Buah segar yang dibeli dari petani di Kabupaten Lombok Barat tersebut terlebih dahulu disortir dan dikemas dengan bagus sebelum dikirim ke negara tujuan.

Nelly menambahkan, eksportir juga sudah menggunakan surat keterangan asal (SKA) agar buah segar tersebut tetap atas nama NTB karena terkait identitas produk di luar negeri.

"Kami juga menyampaikan kepada eksportir agar apabila ada kemungkinan permintaan terhadap produk NTB yang lain juga pakai SKA NTB karena dengan adanya ekspor ini membuka pintu masuk ke Dubai," ujarnya.

Disdag NTB menyebutkan bahwa manggis dan rambutan dikirim ke Dubai untuk pertama kalinya
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia