Terbakar di Bali, KMP Mutiara Timur I Telah Dievakuasi

Kamis, 17 November 2022 – 12:51 WIB
Terbakar di Bali, KMP Mutiara Timur I Telah Dievakuasi - JPNN.com NTB
Proses pemadaman api KMP Mutiara Timur I yang terbakar di sekitar pantai Desa Bunutan, Kabupaten Karangasem, Bali (16/11). ANTARA/HO-Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub.

ntb.jpnn.com, BALI - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengevakuasi KMP Mutiara Timur I yang terbakar di sekitar Pantai Desa Bunutan, Kabupaten Karangasem, Bali, Rabu (16/11).

Untuk melakukan evakuasi Kemenhub mengerahkan Kapal Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dari Pangkalan PLP Tanjung Perak, KNP Chundamani.

“Para penumpang dievakuasi dalam keadaan selamat dan dalam perjalanan ke pelabuhan Tanjung wangi, Banyuwangi, saat ini petugas KPLP di kapal KNP," kata Direktur KPLP Capt Mugen Sartoto dalam keterangan di Jakarta, Kamis (17/11).

Ia mengatakan, setelah mengevakuasi penumpang yang seluruhnya selamat, fokus dari evakuasi selanjutnya adalah memadamkan api kapal KM Mutiara Timur I dan mengevakuasi bangkai kapal.

Untuk memastikan tidak ada korban yang tertinggal, lanjut dia, KNP Chundamani masih menyisir di lokasi kejadian dan terus memantau kondisi terkait keselamatan pelayaran.

Kondisi KM Mutiara Timur I yang terbakar saat ini, kata dia, api di luar sudah berhasil dipadamkan namun masih terlihat titik api di dalam kapal.

“KNP Chundamani masih di lokasi TKP untuk bersiaga karena kondisi bangkai kapal yang terus ke arah TSS Selat Lombok dan berpotensi terhadap keselamatan kapal yang melintas,” kata Mugen.

Diinformasikan sebelumnya pada hari Rabu tanggal 16 November 2022 KM Mutiara Timur 1 mengalami musibah/terbakar pada posisi 08°18'992"LS- 115°40'74"BT, KM Mutiara Timur I dengan rute Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur-Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB). (antara/ket/jpnn)

Kemenhub telah mengevakuasi KMP Mutiara Timur I yang terbakar di Bali

Redaktur & Reporter : Ketut Efrata

Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia