Menyeberang ke Jawa Lebih Mudah, Lintas Jangkar Segera Dibuka

Selasa, 14 Juni 2022 – 11:38 WIB
Menyeberang ke Jawa Lebih Mudah, Lintas Jangkar Segera Dibuka  - JPNN.com NTB
Suasana sosialisasi rencana pengoperasian penyeberangan lintas Jangkar - Lembar dan Jangkar - Kupang, Senin (13/6). (Kemenhub)

ntb.jpnn.com, JAKARTA - Penyeberangan lintas Jangkar - Lembar dan Jangkar - Kupang akan segera beroperasi.

Sejauh ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah melakukan sosialisasi terkait rencana tersebut.

Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Junaidi menyampaikan, dengan kehadiran lintas Jangkar - Lembar dan Jangkar - Kupang akan membantu konektivitas daerah.

Rute penyeberangan ini juga akan menghubungkan Jangkar, Kabupaten Situbondo dengan Lembar, Kabupaten Lombok Barat dan Bolok, Kabupaten Kupang.

“Kedua lintas penyeberangan ini dibuka dengan tujuan mempermudah distribusi logistik dari Jawa ke Nusa Tenggara dan untuk meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata dan perekonomian di wilayah Situbondo," kata Junaidi, Senin (13/6).

Lintas penyeberangan Jangkar tersebut diatur melalui Keputusan Menteri Nomor 85 Tahun 2022 tentang Penetapan Lintas Penyeberangan Antarprovinsi pada Pelabuhan Jangkar di Kabupaten Situbondo Jawa Timur.

Untuk tarifnya, telah ditetapkan sesuai Keputusan Menteri Nomor 88 Tahun 2022 tentang Perubahan Keempat Atas KM 92 Tahun 2020 Tentang Tarif Penyelenggaraan Angkutan Penyeberangan Kelas Ekonomi Lintas Antarprovinsi.

Dalam mempersiapkan pengoperasian kedua lintas tersebut, pihaknya telah menyelenggarakan beberapa kali rapat pembahasan yang melibatkan para pemangku kepentingan terkait, seperti Pemda Jawa Timur, Pemda Kabupaten Situbondo, Kepala KSOP setempat, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Asosiasi, dan operator angkutan penyeberangan.

Menyeberang ke Jawa akan lebih mudah, Kemenhub dan ASDP segera buka lintas Jangkar
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia