Syabandar Lembar Latih 120 Nelayan, Lihat Ada yang Tertawa

Senin, 08 Agustus 2022 – 08:17 WIB
Syabandar Lembar Latih 120 Nelayan, Lihat Ada yang Tertawa - JPNN.com NTB
Sejumlah nelayan mengikuti pelatihan cara penyelematan diri di laut yang digelar oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Lembar, di Mataram, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-KSOP Lembar)

ntb.jpnn.com, LOMBOK - Sebanyak 120 nelayan dan pelaku pariwisata se-Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat mendapat pelatihan keselamatan pelayaran.

Pelatihan yang dilakukan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Lembar ini dilaksanakan selama sepekan.

Kegiatan yang digelar sejak 1-7 Agustus 2022 tersebut, dilakukan bekerja sama dengan dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, dan Asta Maritim Indonesia (AMI).

Kepala Kantor KSOP Kelas III Lembar, Capt Purgana selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan, kegiatan pelatihan tersebut bertujuan menyiapkan kompetensi para nelayan dan pelaku pariwisata dalam mengoperasikan kapal.

Selain itu, diharapkan agar peserta mampu melakukan penyelamatan diri di laut apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Mereka juga diberikan pengenalan terkait dengan status hukum kapal serta aturan aturan yg harus ditaati," katanya.

Sebanyak 120 nelayan yang menjadi peserta program pendidikan dan pelatihan (diklat) pemberdayaan masyarakat tersebut berasal dari berbagai daerah di Pulau Lombok, yakni Lombok Barat, Lombok Utara, dan Lombok Timur.

Purgana menambahkan, pelaksanaan diklat merupakan program Kementerian Perhubungan melalui PIP Semarang, dan Kantor KSOP Kelas III Lembar yang bersifat gratis.

KSOP Kelas III Lembar memberi pelatihan kepada 120 nelayan, lihat tuh ada yang nyengir
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia