Antisipasi Gangguan Ginjal Anak, RSUD Mataram Lakukan Hal Ini

Selasa, 25 Oktober 2022 – 13:40 WIB
Antisipasi Gangguan Ginjal Anak, RSUD Mataram Lakukan Hal Ini - JPNN.com NTB
Ilustrasi: Ruang Poliklinik Anak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, saat siang terlihat sepi. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat sedang memesan obat dialisis bagi anak-anak yang menderita gangguan ginjal akut.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Kota Mataram dr Hj Eka Nurhayati mengatakan, pemesanan obat dialisis tersebut sebagai langkah antisipasi adanya kasus gangguan ginjal pada anak-anak.

"Sampai hari ini (Senin 24/10), kami belum menangani kasus gagal ginjal anak," katanya.

Meski demikian, pihaknya berharap agar tidak ada temuan kasus.

Upaya antisipasi perlu dilakukan dengan menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana termasuk obat-obatan karena pasien gagal ginjal harus cuci darah, dan itu dilakukan dalam hitungan jam.

"Jadi kami harus sedia 'payung sebelum hujan'. Obat pasien gagal ginjal anak yang kita dipesan itu untuk lima pasien, tapi semoga obat tersebut tidak akan pernah digunakan," katanya.

Lebih jauh Eka mengatakan, setelah adanya edaran dari Kementerian Kesehatan (Menkes) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi NTB menyikapi kasus gangguan ginjal akut pada anak, pihak RSUD Kota Mataram telah menyetop peresepan obat oral dalam bentuk cair untuk anak-anak dan dialihkan obat ke dalam bentuk obat puyer.

Para dokter terutama dokter anak yang ada di Poliklinik Anak dan merupakan anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) di RSUD Mataram, rata-rata sudah melaksanakan edaran tersebut.

RSUD Mataram mengaku telah memesan obat untuk pasien gangguan ginjal pada anak
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia