Alhamdulillah, Balita Gagal Ginjal Akut di Palembang Boleh Pulang

Senin, 24 Oktober 2022 – 11:11 WIB
Alhamdulillah, Balita Gagal Ginjal Akut di Palembang Boleh Pulang - JPNN.com NTB
Kemenkes tunjuk Rumah Sakit Umum Mohammad Hoesin Palembang sebagai rumah sakit rujukan penanganan gagal ginjal akut. Foto: Antara

ntb.jpnn.com, PALEMBANG - Pasien balita yang mengalami gejala gagal ginjal akut di Palembang, dinyatakan sehat dan diizinkan pulang ke rumah, Senin (24/10).

Demikian diungkaokan Dokter Spesialis Anak bagian Nefrologi, Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang Eka Intan.

"Pasien ini setelah kami periksa baru suspect dan belum probabel. Kondisinya juga baik dan pasien sudah diizinkan pulang kemarin," ungkap Intan.

Pasien yang sempat dirujuk ke RSMH Palembang pada Kamis (20/10) tersebut, lanjutnya, sudah melalui pemeriksaan laboratorium dan perawatan penambahan cairan dalam tubuh serta sudah melewati pemerikaaan tes urine.

"Hasil pemeriksaan kondisinya sehat dan tidak ada lagi indikasi penyakit lain dan tidak perlu dilakukan rawat inap," kata Intan.

Meski pasien balita perempuan berusia 3,8 tahun itu telah diizinkan kembali ke rumah, Intan mengungkap, jika kondisinya tetap harus dipantau dan orangtua disarankan segera membawa ke rumah sakit kembali apabila keadaannya mengalami keluhan lanjutan.

"Pasien ini sempat tidak mengeluarkan urine, jadi perbanyak minum air putih. Jika ada keluhan lagi segera lakukan pemeriksaan ulang ke poli dan diberikan edukasi tentang kesehatan," pesan Intan.

Adapun riwayat pasien tersebut sempat demam selama 10 hari dan mengonsumsi obat-obatan sirop.

Pasien balita yang mengalami gagal ginjal akut di RSMH Palembang telah dinyatakan sehat dan pulang ke rumah
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia