Apotek di Lombok Tengah Stop Jual Obat Sirop Anak

Jumat, 21 Oktober 2022 – 15:29 WIB
Apotek di Lombok Tengah Stop Jual Obat Sirop Anak - JPNN.com NTB
Surat edaran yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat terkait obat sirop yang dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal akut (ANTARA/Kepala Dikes Lombok Tengah)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Seluruh apotek di Lombok Tegah, NTB dimita untuk tidak menjual obat sirop anak dalam rangka mencegah adanya kasus gagal ginjal akut.

"Imbauan itu sesuai dengan surat edaran (SE) Kementerian Kesehatan RI Nomor SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada anak," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (21/10).

Dalam surat imbauan tersebut, semua apotek diharapkan untuk menghentikan penggunaan sementara persediaan obat cair (drop dan sirop) dalam bentuk tunggal maupun kombinasi semua merk.

Pelayanan dapat menggunakan sediaan lain (tablet termasuk untuk pulveres) dan memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait permasalahan yang ada.

"Obat-obat sirop untuk anak itu supaya jangan diedarkan," katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah meminta kepada para petugas tenaga kesehatan baik di Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik di wilayah Lombok Tengah untuk semua persediaan sirop mengandung paracetamol ditunda atau tidak diresepkan tenaga kesehatan atau diberikan kepada pasien sampai ada keputusan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Kami juga berharap semua fasilitas layanan kesehatan melakukan peningkatan kewaspadaan pada kasus gangguan ginjal akut atipikal serta melaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah," katanya.

Untuk diketahui, Kemenkes RI melalui edaran tersebut menginstruksikan semua apotek agar tidak menjual obat bebas ataupun obat bebas terbatas dalam bentuk cair dan sirop untuk sementara waktu.

Pemkab Lombok Tengah mengimbau seluruh apotek agar tak menjual obat sirop untuk anak
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia