Hore! RTH Privat di Mataram Lampaui Target

Jumat, 07 Oktober 2022 – 13:32 WIB
Hore! RTH Privat di Mataram Lampaui Target - JPNN.com NTB
Ilustrasi: Taman Sangkareang salah satu titik Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. ANTARA/Nirkomala

ntb.jpnn.com, MATARAM - Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, cakupan ruang terbuka hijau (RTH) privat di Mataram sudah mencapai 14 persen.

Jumlah ini telah melampaui target cakupan sebesar 10 persen.

"Untuk RTH privat ini didukung karena masih adanya lahan milik pribadi warga yang belum dibangun karena berbagai alasan. Harapan kita ini bisa dipertahankan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram HM Kemal Islam, Kamis (6/10).

Hanya saja, katanya, jika melihat cakupan RTH secara keseluruhan di Kota Mataram berdasarkan data terakhir tercatat baru mencapai 21 persen atau masih kurang dari target nasional terhadap ketersediaan RTH di daerah sebesar 30 persen.

"Kekurangan itu terjadi pada ketersediaan RTH publik, yang saat ini baru mencapai 7 persen, atau masih jauh dari target 20 persen yang ditetapkan," sebutnya.

Sementara dengan pertumbuhan kota yang sangat dinamis, pihaknya sebenarnya pesimistis target 20 persen untuk RTH publik bisa tercapai sebab lahan hijau di Mataram setiap tahun terus berkurang akibat alih fungsi lahan.

Namun demikian, lanjutnya, pihaknya terus mengoptimalkan ruang-ruang publik yang dinilai kurang produktif menjadi RTH publik. Salah satunya, pemanfaatan sisa pembangunan jalan.

Misalnya, di Jalan Pendidikan setelah dilakukan pelebaran jalan, pembuatan drainase, dan trotoar, tersisa lahan dengan lebar satu meter dan panjang 1.800 meter.

Berita baik! Cakupan ruang terbuka hijau privat di Kota Mataram telah melampaui target

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia