BBM Naik, Bang Zul Minta BLT dalam Bentuk Ini

Rabu, 31 Agustus 2022 – 23:46 WIB
BBM Naik, Bang Zul Minta BLT dalam Bentuk Ini - JPNN.com NTB
Pemerintah telah memberikan sinyal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) karena dana subsidi dan kompensasi yang membengkak mencapai Rp 502,4 triliun. Foto: Ricardo/JPNN.com

ntb.jpnn.com, MATARAM - Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyarankan pemberian dana bantuan langsung tunai (BLT) sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah tidak diberikan dalam bentuk uang tunai.

Bang Zul, sapaan akrabnya, berharap adanya program bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) dengan membeli produk-produk IKM/UKM lokal.

"Kalau bisa kita sarankan BLT itu tidak dalam bentuk uang tunai, tetapi dengan membeli produk-produk hasil UMKM kita, seperti saat program Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang pernah kita lakukan di awal pandemi Covid-19," ujarnya saat ditanya wartawan terkait sikapnya soal rencana pemerintah menaikkan harga BBM di Gedung DPRD NTB di Mataram, Rabu (31/8).

Ia mengatakan, memakai produk dari IKM atau UMKM lokal juga dapat membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

Termasuk membantu aktivitas ekonomi melalui pembelian IKM/UKM lokal sehingga mereka juga tetap berproduksi.

"Memakai produk lokal ini juga membantu usaha UMKM kami," ujarnya.

Disinggung terkait sikapnya terhadap rencana kenaikan harga BBM tersebut, orang nomor satu di NTB itu mengatakan, bahwa sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, dirinya sangat memahami apa yang menjadi keputusan pemerintah tersebut.

Hanya saja, secara partai tempatnya bernaung, yakni PKS, menolak.

Jika harga BBM naik, Gubernur NTB Zul meminta pemerintah pusat memnerikan BLT dalam bentuk ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News