Gili Matra Dipadati Turis, KKP Beri Kapal Patroli Baru, Gagah betul…

Selasa, 09 Agustus 2022 – 12:30 WIB
Gili Matra Dipadati Turis, KKP Beri Kapal Patroli Baru, Gagah betul… - JPNN.com NTB
Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, Imam Fauzi (kiri), mengecek kapal patroli baru di Pelabuhan Bangsal, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. ANTARA/Awaludin.

ntb.jpnn.com, GILI MATRA - Pemerintah memberikan bantuan berupa kapal patroli baru untuk memperkuat pengawasan aktivitas pemanfaatan pariwisata dan perikanan di kawasan konservasi Gili Matra, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Kapal pastroli tersebut diberikan kepada Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Dengan kapal patroli yang baru, kami berharap kinerja teman-teman melakukan monitoring di Gili Matra lebih mantap lagi," kata Kepala BKKPN Kupang Imam Fauzi, saat pengecekan kapal di Pelabuhan Bangsal, Selasa (9/8).

Perairan laut ketiga kawasan Gili tersebut merupakan kawasan konservasi perairan nasional di bawah pengelolaan dan pengawasan KKP.

Gili Matra merupakan singkatan dari tiga gugusan pulau kecil, yakni Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan yang berada di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Kapal patroli tersebut bernilai Rp 885 juta, memiliki panjang 9 meter, lebar 2,4 meter.

Kapal tersebut disertai dua mesin 5 gross tonnage (GT), dengan kapasitas muat maksimal 12 orang.

Spesifikasi kapal baru tersebut hampir sama dengan kapal patroli yang sudah ada di Gili Matra, namun kondisinya sudah tidak bisa maksimal untuk dioperasikan karena sering perbaikan dan kapasitas muat penumpang sedikit.

Gili Matra sedang ramai dikunjungi wisatawan, KKP memberi bantuan berupa kapal patroli, gagah betul rupanya…
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia