Gili Tramena Dipadati Turis, PLN Suplai Energi Ramah Lingkungan

Minggu, 07 Agustus 2022 – 16:05 WIB
Gili Tramena Dipadati Turis, PLN Suplai Energi Ramah Lingkungan  - JPNN.com NTB
Seorang pekerja melakukan perawatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Gili Tramena, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-PLN)

ntb.jpnn.com, GILI TRAMENA - PT PLN (Persero) Nusa Tenggara Barat turut memberikan kontribusi menjaga pasokan energi ramah lingkungan di destinasi Gili Trawangan, Meno dan Air, Kabupaten Lombok Utara.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa destinasi pariwisata tersebut sudah ramai dikunjungi wisatawan.

Manager Unit Layanan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro/Surya (PLTMH/S) Tanjung, PLN, Endang Faisol mengatakan, pasokan energi ramah lingkungan ke tiga Gili tersebut, salah satunya disuplai oleh PLTS yang ada di Gili Tramena, Pemenang, Lombok Utara.

Gili Tramena merupakan singkatan Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Ketiga Gili tersebut adalah salah satu kawasan wisata yang menjadi destinasi prioritas utama di NTB.

"PLTS itu sebagai salah satu penopang listrik bagi masyarakat di Gili Tramena. Pemeliharaan harus rutin dilakukan untuk mengetahui secara dini komponen-komponen yang seharusnya dilakukan perbaikan atau penggantian," katanya, Minggu (7/8).

Ia menyebutkan, lokasi PLTS di Gili Tramena tersebar di kawasan tiga gili dengan total kapasitas 820 kilo Watt Peak (kWP), yakni di Gili Trawangan berkapasitas 600 kWP, Gili Air berkapasitas 160 kWP, dan Gili Meno sebesar 60 kWP.

Ketiga PLTS yang dibangun pada 2012 tersebut memasok listrik untuk Gili Tramena menggunakan teknologi green energy grid connected PV system (PLTS grid connected) yang menggunakan PV modul.

Destinasi wisata Gili Tramena padat dikunjungi turis, PLN beri pasokan energi ramah lingkungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News