Lalu Manambai Abdul Kadir, Peraih Summa Cumlaude Pertama

Senin, 01 Agustus 2022 – 19:00 WIB
Lalu Manambai Abdul Kadir, Peraih Summa Cumlaude Pertama - JPNN.com NTB
H. Lalu Manambai Abdul Kadir (Genpi.co NTB)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Mari mengenal lebih dekat sosok Laksamana Madya TNI H Lalu Manambai Abdul Kadir.

Lalu Manambai merupakan pria kelahiran Sumbawa Besar, NTB 22 November 1928.

Dia wafat dalam usia 66 tahun di Jakarta pada 15 Februari 1995 dan dimakamkan pada 16 Februari di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Memiliki ayah bernama H. Abdullah Lalu Tunruang dan ibunya bernama Hj. Lala Tenri Zubaidah.

Dilansir dari berbagai sumber, Manambai Abdul Kadir adalah seorang purnawirawan perwira tinggi TNI-AL dan putra Indonesia pertama yang mendapatkan Sertifikasi Kualifikasi Pendidikan Kapal Selam dan Pelatihan Persenjataan Bawah Laut dengan predikat kelulusan terbaik, “Summa Cumlaude” (Sangat Terpuji), setelah melalui pendidikan selama 1,5 tahun (1958-1959) di Sekolah Komandan Kapal Selam Angkatan Laut Polandia.

Pengakuan yang sama diberikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy Seal), dengan menganugerahkan Submarine Qualification Certificate kepada Laksamana Madya Lalu Manambai Manambai Abdulkadir, yang ditanda-tangani dan diserahkan oleh Komandan Komando Kawasan Pasifik Angkatan Laut Amerika Serikat, Admiral Jhon S. Mc Cain Jr, pada tanggal 21 November 1968.

Manambai Abdul Kadir adalah seorang Putra Pertiwi yang banyak sekali karya nyata dan prestasi yang telah diraih dan dipersembahkan kepada bangsa dan negara selama masa pengabdian dalam hidup dan kariernya.

Selama penugasan dan pengabdian di TNI Angkatan Laut, H. Lalu Manambai Abdul Kadir berhasil mencapai karier dan prestasi membanggakan sebagai Deputi Kepala Staf Angkatan Laut.

Mari berkenalan dengan putra NTB, Lalu Manambai Abdul Kadir, sang peraih Summa Cumlaude pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News