Heboh DAK, Disdikbud NTB: Swakelola Tipe 1 Bantu Pengusaha Lokal

Selasa, 26 Juli 2022 – 09:29 WIB
Heboh DAK, Disdikbud NTB: Swakelola Tipe 1 Bantu Pengusaha Lokal - JPNN.com NTB
Kepala Bidang (Kabid) SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Muhammad Khairul Ikhwan. ANTARA/Nur Imansyah

ntb.jpnn.com, MATARAM - Persoalan terkait aliran dana alokasi khusus (DAK) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat (NTB) masih banyak dibicarakan.

Disdikbud meyakinkan memastikan mekanisme swakelola tipe 1 turut mengoptimalkan peran pengusaha lokal.

Sistem swakelola tipe 1 ini diterakan untuk program proyek pembangunan gedung dan ruangan yang bersumber dari DAK Tahun Anggaran 2022.

Kepala Bidang (Kabid) SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) NTB, Muhammad Khairul Ikhwan mengatakan, sistem swakelola tipe 1 itu diterapkan berdasarkan Permendikbudristek Nomor 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Operasional DAK. 

"Kenapa tidak tender dan kenapa gunakan sistem swakelola, itulah dasar hukumnya. Alasan Dikbud pakai sistem ini ingin perkuat pengusaha lokal dan pekerja lokal. Kalau pakai sistem tender, maka pengusaha luar masuk, dan sistem tidak bisa melarang itu," kata Ihwan, Senin (25/7).

Ia mengaku, bahwa sistem swakelola tipe 1 ini baru pertama kali diterapkan seluruh Indonesia.

Namun, jika sistem ini nantinya dinilai sukses dalam memberdayakan pengusaha lokal, maka tidak tertutup kemungkinan akan terus berkelanjutan bahkan alokasi anggaran DAK bisa meningkat.

"Yang utama kami putuskan menggunakan sistem karena juga sejalan dengan semangat Pemprov NTB dalam pemberdayaan UMKM lokal," ujarnya.

Heboh persoalan DAK, Disdikbud NTB sebutkan bahwa mekanisme swakelola tipe 1 optimalkan peranan pengusaha lokal
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia