Ratusan Pelajar Lakukan Riset di PIRN XX, Siap Mengguncang Dunia

Senin, 11 Juli 2022 – 13:25 WIB
Ratusan Pelajar Lakukan Riset di PIRN XX, Siap Mengguncang Dunia - JPNN.com NTB
Ilustrasi riset. Foto: John MACDOUGALL / AFP

ntb.jpnn.com, MATARAM - Banyak hal mengejutkan akan terjadi pada Pekan Pemuda Ilmiah Riset dan Inovasi (PIRN) XX di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Talenta muda Indonesia, baik siswa maupun mahasiswa akan menunjukkan kemampuan mereka.

Siswa dan mahasiswa tersebut akan mengembangkan budaya riset dan meningkatkan kemampuan meneliti melalui penelitian langsung di lapangan.

"PIRN memiliki tujuan melatih remaja melaksanakan kegiatan riset ilmiah terkait lingkungan sekitar," kata Pelaksana tugas Deputi Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Edy Giri Rachman Putra dalam Pembukaan PIRN XX di Gedung Graha Bakti Kantor Gubernur NTB di Kota Mataram, Senin (11/7).

Edy menuturkan, PIRN yang dilaksanakan pada 11-16 Juli 2022 itu menjadi wadah untuk meningkatkan potensi putera-puteri daerah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menjadi periset masa depan dan membangun mental nasionalisme anak-anak muda.

Penyelenggaraan PIRN XX merupakan kerja sama para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, instansi, sekolah dan pihak-pihak yang memiliki kepedulian dan tujuan mengembangkan budaya riset, khususnya bagi remaja.

Pada Pekan PIRN, kegiatan penelitian dibagi menjadi beberapa titik di Gili Indah, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air sesuai dengan tema penelitian peserta.

Sebanyak 409 orang mengikuti PIRN XX, yang terdiri atas 102 guru, 207 siswa dari 28 provinsi di Indonesia, serta 100 mahasiswa dari Nusa Tenggara Barat.

Ratusan pelajar dan mahasiswa ikuti PIRN XX dan lakukan riset di lapangan, aksi mereka siap mengguncang dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News