Nadiem Makarim PIRN di Mataram, Cetuskan Matching Fund

Senin, 11 Juli 2022 – 12:13 WIB
Nadiem Makarim PIRN di Mataram, Cetuskan Matching Fund - JPNN.com NTB
Kemendikbudristek memprioritaskan upaya penguatan ekosistem riset di satuan pendidikan. Ilustrasi: dok.JPNN.com

ntb.jpnn.com, MATARAM - Kementerian memprioritaskan penguatan ekosistem riset pada satuan pendidikan.

Demikian diungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

"Melalui gerakan merdeka belajar, kami di Kemendikbudristek memprioritaskan upaya penguatan ekosistem riset di satuan pendidikan," kata Mendikbudristek Nadiem.

Nadiem Makarim menyebutkannya dalam Pembukaan Pekan Pemuda Ilmiah Riset dan Inovasi (PIRN) XX di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB, Senin (11//7).

Salah satu cara Kemdikbudristek memfasilitasi penguatan ekosistem riset tersebut, melalui program Matching Fund, yaitu program yang mempertemukan perguruan tinggi dengan industri untuk melakukan riset yang didukung oleh Kemendikbudristek melalui skema pemadanan anggaran.

Matching Fund adalah bentuk nyata dukungan dari Kemdikbudristek untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara insan perguruan tinggi (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak industri.

Pada 2021, Kemdikbudristek mendanai lebih dari 450 proposal di perguruan tinggi akademik maupun vokasi dengan total dana dukungan Rp 280 miliar.

Sementara, untuk para pelajar pada 2022, Kemdikbudristek juga melanjutkan program Kihajar STEM (Kita Harus Belajar) STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) sebagai ruang untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas.

Menteri Nadiem Makarim mencetuskan program Matching Fund dalam pembukaan PIRN di Mataram, isinya?
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia