Waspada Omicron BA.4 dan BA.5, Dinkes Mataram Galakkan Vaksinasi Penguat

Senin, 27 Juni 2022 – 13:28 WIB
Waspada Omicron BA.4 dan BA.5, Dinkes Mataram Galakkan Vaksinasi Penguat - JPNN.com NTB
Arsip - Tabung reaksi bertuliskan "Tes COVID-19 varian Omicron positif" terlihat dalam foto ilustrasi yang dibuat pada 15 Januari 2022. ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/as

ntb.jpnn.com, MATARAM - Pandemi Covid-19 belum berakhir.

Untuk itu, pemerintah tetap menggalakkan vaksinasi penguat untuk masyarakat.

Dinas Kesehatan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, memastikan dosis vaksin Covid-19 booster atau penguat, tersedia.

"Silakan masyarakat yang ingin melakukan vaksin 'booster' atau vaksin primer dosis satu dan dua, bisa datang ke puskesmas karena vaksin tetap ada," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi di Mataram, Senin (27/6).

Pernyataan itu disampaikan, menyikapi kenaikan kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di beberapa daerah dan potensi temuan Kota Mataram sebagai ibu kota Provinsi NTB, sehingga pemerintah menyarankan masyarakat untuk melakukan vaksinasi booster.

Jenis vaksin yang tersedia untuk "booster" ada selain Sinovac, sebab vaksin Sinovac disiapkan khusus untuk vaksin dosis kedua bagi anak-anak.

"Kalau sudah vaksin ketiga, pemerintah memberikan kebijakan bagi pelaku perjalanan ke luar daerah bebas tes usap PCR," katanya.

Berdasarkan data terakhir cakupan vaksinasi Dinas Kesehatan Provinsi NTB per 9 Juni 2022, tercatat cakupan vaksinasi dosis pertama untuk Kota Mataram sebanyak 368.037 atau 116,62 persen, dosis kedua 283.398 atau 89,80 persen, dan dosis ketiga 64.206 atau 20,35.

Waspada adanya potensi Omicron BA.4 dan BA.5, Dinkes Kota Mataram menggalakkan pemberian vaksinasi penguat
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia