41 Rekomendasi Penempatan Calon TKI Asal Mataram, Sektor Apa Saja?

Selasa, 31 Mei 2022 – 22:04 WIB
41 Rekomendasi Penempatan Calon TKI Asal Mataram, Sektor Apa Saja? - JPNN.com NTB
Ilustrasi: areal Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Selama bulan Januari-April 2022, Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram telah mengeluarkan 41 rekomendasi untuk penempatan calon pekerja migran Indonesia (PMI) atau TKI.

Rekomendasi ini ditujukan ke berbagai negara.

"Rekomendasi penempatan calon PMI antara lain ke negara tujuan Arab Saudi, Malaysia, dan beberapa negara lainnya. Tetapi sampai saat ini, kami belum terima laporan dari perusahaan apakah mereka sudah berangkat atau tidak," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram H Rudi Suryawan, Selasa (31/5).

Puluhan PMI asal Kota Mataram itu rata-rata akan bekerja pada sektor informal dan asisten rumah tangga.

"Secara administrasi di tempat kami sudah selesai. Kami berharap, mereka sudah diberangkatkan. Untuk kepastian, kami akan coba koordinasikan ke perusahaan terkait," katanya.

Dengan perkembangan Covid-19 yang terus membaik, serta kebijakan negara-negara tujuan yang telah kembali menerima pekerja, diprediksi pengeluaran rekomendasi calon TKI akan meningkat.

Kondisi itu sudah terlihat dengan data Januari-April 2022 yang mencapai ada 41 rekomendasi penempatan.

Sementara, data Januari-Desember 2021, tercatat sekitar 62 rekomendasi penempatan dengan negara tujuan antara lain Hongkong sisanya ke Singapura, Italia, Polandia, dan Arab Saudi.

Disnaker Kota Mataram telah menerbitkan 41 rekomendasi untuk penempatan calon TKI asal Mataram di berbagai negara, sektor apa saja?
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia