Pemilu 2024: KPUD Mataram Gelar Uji Publik

Kamis, 15 Desember 2022 – 07:55 WIB
Pemilu 2024: KPUD Mataram Gelar Uji Publik - JPNN.com NTB
Ketua KPU Kota Mataram M Husni Abidin (depan) membuka kegiatan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Mataram pada Pemilu Tahun 2024, di Mataram, NTB, Rabu (14/12-2022). (ANTARA/Nirkomala)

ntb.jpnn.com, MATARAM - KPUD Kota Mataram, NTB, menggelar kegiatan uji publik rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Mataram pada Pemilu 2024.

"Uji publik ini bertujuan untuk mendapatkan saran, masukan, dan pendapat, agar semua masyarakat tahu jumlah dapil dan alokasi kursi DPRD sebelum ditetapkan pada Jumat (16/12)," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram M Husni Abidin, Rabu (14/12).

Kegiatan uji publik rancangan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Mataram pada Pemilu 2024 itu diikuti oleh para pemangku kepentingan, antara lain Panwaslu, jajaran akademisi, tokoh masyarakat, camat, dan jajaran media di daerah itu.

Menurutnya, dalam rancangan penataan dapil dan alokasi kursi bagi anggota DPRD tahun 2024, masih sama dengan Pemilu 2019.  

Untuk dapil di Kota Mataram masih terbagi menjadi enam yakni Mataram, Sekarbela, Ampenan, Selaparang, Cakranegara, dan Dapil Sandubaya.

"Sedangkan untuk alokasi kursi anggota DPRD masih 40 kursi," katanya.

Rincian alokasi kursi anggota DPRD untuk masing-masing dapil meliputi Mataram sebanyak 7 kursi, Sekarbela 5 kursi, Ampenan 8 kursi, Selaparang 7 kursi, Cakranegara 7 kursi, dan Sandubaya sebanyak 6 kursi.

"Sementara penetapan jumlah suara untuk mendapatkan satu kursi, belum ditentukan karena dihitung berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT)," katanya.

Dalam rangka persiapan Pemilu 2024, KPUD Mataram menggelar uji publik rancangan dapil dan kursi anggota DPRD
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia