Lebaran Topat Segera Datang, Pemkab Lombok Tengah Buat Rekayasa Lalu Lintas

Kamis, 28 April 2022 – 13:06 WIB
Lebaran Topat Segera Datang, Pemkab Lombok Tengah Buat Rekayasa Lalu Lintas - JPNN.com NTB
Peta rekayasa lalu lintas perayaan Lebaran Topat 2022 di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Akhyar)

ntb.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Pemerintah Lombok Tengah, NTB tengah menyiapkan rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi kemacetan kendaraan pada perayaan Lebaran Topat 2022.

"Kendaraan yang masuk menuju lokasi perayaan tradisi Lebaran Topat (Ketupat) di Sirkuit Motor Cross Desa Lantan itu akan dibatasi," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah Lalu Firman Wijaya saat rapat koordinasi di kantor bupati setempat di Praya, Kamis (28/4).

Akses masuk lokasi sirkuit, yaitu Simpang 4 Desa Mantang dan Simpang 3 Pancor Dao, sedangkan jalan keluar dari Desa Lantan menuju Desa Karang Sidemen dan Pemepek.

Lokasi parkir akan memanfaatkan rumah warga radius satu kilometer dari tempat acara dengan pengelolaannya memberdayakan Badan Keamanan Desa (BKD) setempat.

Terdapat empat lokasi parkir utama yang terdiri atas dua lokasi parkir roda empat, satu parkir roda dua, dan satu parkir VIP.

Selain itu, terdapat satu lokasi parkir kendaraan roda empat cadangan, yaitu di Persil, sedangkan lokasi parkir cadangan untuk sepeda motor akan memanfaatkan halaman rumah warga.

"Membatasi kendaraan setiap Instansi menggunakan kendaraan maksimal tiga kendaraan dengan kondisi terisi penuh dan menggunakan stiker VIP. Apabila terjadi kemacetan yang cukup panjang, kendaraan diarahkan menuju lokasi parkir di Persil," katanya.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Dinas Perhubungan telah bersurat untuk menyediakan kendaraan derek guna mengantisipasi kendaraan macet.

Lebaran Topat segera datang, Pemkab Lombok Tengah membuat rekayasa lalu lintas untuk antisipasi kemacetan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News