Generasi Milenial Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Pemprov NTB Siap Dukung

Minggu, 01 Januari 2023 – 12:18 WIB
Generasi Milenial Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Pemprov NTB Siap Dukung - JPNN.com NTB
Gubernur NTB H Zulkieflimansyah melihat-lihat prototipe berbagai teknologi tepat guna karya para milenial yang dipamerkan di ruang pameran Dinas Perindustrian NTB. (ANTARA/Awaludin)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Kaum milenial didorong untuk memanfaatkan peluang berwirausaha di sektor industri dengan berbagai ragam usaha.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, NTB mendapat bonus demografi, di mana dari total jumlah penduduk sebanyak 5,32 juta jiwa, proporsi generasi Z sebanyak 28,62 persen dan generasi milenial sebanyak 27,24 persen.

"Generasi Z dan generasi milenial saat ini termasuk dalam usia produktif yang dapat menjadi peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi khususnya industrialisasi. Generasi inilah yang difokuskan masuk sebagai pelaku industrialisasi dengan unggulan daerah di enam sektor," kata Kabid Sarana Prasarana dan Pemberdayaan Industri, Dinas Perindustrian NTB, Aryanti Dwiyani.

Menurut dia milenial saat ini mendominasi start up yang terus bermunculan dengan modal keberanian menghasilkan inovasi dan kreasi sebagai sebuah terobosan dalam dunia wirausaha serta didukung dengan pemanfaatan berbagai platform digital yang tersedia.

"Kami berharap milenial yang hadir mampu mengambil peran dalam kegiatan dan program Pemerintah NTB dengan mengakses informasi dari media sosial seluruh organisasi perangkat daerah serta berpartisipasi dalam mengkampanyekan bela beli produk lokal," ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan, kata dia, pihaknya menggandeng para ahli mutakhir di bidangnya, seperti praktisi, akademisi, beberapa perusahaan, serta bidang pembangunan sumber daya industri untuk mendampingi milenial dalam membangun sebuah perusahaan rintisan (start up) inkubator menggunakan metode startup yang gesit.

Hal itu bertujuan untuk merancang ide-ide yang dapat melengkapi kebutuhan Industri secara keseluruhan.

"Pendampingan ini diharapkan menjadi wadah milenial untuk memberikan ide-ide kreatif sebagai penggerak ekonomi daerah ke depan. Kami menyiapkan ruang untuk milenial bersama kita membuat gerakan komunitas industri 4.0 NTB," katanya. (antara/ket/jpnn)

Pemprov NTB siap memberikan bantuan kepada generasi milenial untuk manfaatkan peluang usaha di sektor industri

Redaktur & Reporter : Ketut Efrata

Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia