Kaya Potensi, Global Hub NTB Bisa Jadi Kawasan Industri Galangan Kapal

Minggu, 11 Desember 2022 – 11:54 WIB
Kaya Potensi, Global Hub NTB Bisa Jadi Kawasan Industri Galangan Kapal - JPNN.com NTB
Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah (kiri), bersama rombongan Iperindo, berkunjung ke perusahaan galangan kapal PT Dukuh Raya Dockyard, Lembar, Lombok Barat. (ANTARA/Awaludin)

ntb.jpnn.com, MATARAM - Pemprov Nusa Tenggara Barat menawarkan kepada Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) untuk berinvestasi membangun galangan kapal di kawasan Global Hub Bandar Kayangan Internasional di Kabupaten Lombok Utara.

"Global Hub memang belum jalan, tetapi Iperindo pasti sudah tahu juga ada Global Hub. Nanti kalau sudah berjalan akan lebih besar lagi galangan kapalnya mengikuti kemajuan yang ada," kata Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah, Sabtu (10/12).

Demikian diungkapkannya saat kunjungan bersama rombongan Iperindo ke perusahaan galangan kapal PT Dukuh Raya Dockyard, Lembar, Lombok Barat.

Wagub Rohmi yang akrab disapa Umi Rohmi itu mengatakan, NTB memiliki potensi kemajuan ekonomi yang luar biasa ke depan dan diikuti dengan perkembangan berbagai industri, salah satunya galangan kapal.

Sebab, kata dia, dengan semakin banyak orang datang ke NTB, konektivitas juga akan semakin padat sehingga pemeliharaan dalam hal ini pemeliharaan kapal juga harus ada.

"Yang penting sekarang adalah semua warga NTB aman dan welcome dengan semua investasi. Contoh PT Dukuh Raya, tidak perlu bangun tembok tinggi, tapi bagaimana merangkul warga lokal dan ikut mensejahterakan," ucap Umi Rohmi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu Mohammad Faozal, mengatakan Pelabuhan Carik yang berada dalam kawasan Global Hub Bandar Kayangan Internasional akan berada di bawah kewenangan pemprov mulai 2024.

Ada lahan seluas 30 hektare yang menjadi aset untuk dimanfaatkan.

Mengingat akan potensinya, Pemprov NTB menawarkan Global Hub untuk menjadi kawasan industri galangan kapal
Facebook JPNN.com NTB Twitter JPNN.com NTB Pinterest JPNN.com NTB Linkedin JPNN.com NTB Flipboard JPNN.com NTB Line JPNN.com NTB JPNN.com NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com NTB di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia